Jalan yang Rusak Akibat Gelombang Pasang Air Laut

Kawasan pesisir di desa Cemara, Rengas Dengklok, Kerawang, Jawa barat, telah rusak akibat abrasi. Kawasan itu tidak hanya membutuhkan penghijauan, tetapi juga penahan gelombang.

Lurah desa Cemara Bpk Yong Lim Supardi mengatakan, pemerintah telah mulai melakukan pemecah gelombang dengan cara yang sederhana seperti memberikan plastik pasir penahan gelombang & menggunakan batu kali yang ditaruh di tepi pantai berulang kali. Namun, cara itu belum berhasil hingga sekarang, karena fasilitas jalan kembali rusak akibat gelombang pasang.

Selain jalan jalan yang hancur akibat terjangan ombak, juga banyak rumah penduduk yang sudah hancur maupun yang terancam hancur akibat terjangan ombak tersebut

Untuk itu, kawasan tersebut membutuhkan penahan atau pemecah gelombang, sehingga lebih terlindungi. Untuk menyediakannya, diperkirakan membutuhkan biaya besar.

Selain itu, muara-muara sungai di pesisir desa cemara juga harus dinormalisasi, karena menyempit akibat sedimentasi serta dibangun jembatan yang memadai sehingga kendaraan (mobil) bisa lewat untuk membantu kegiatan perekonomian desa. Hal itu bertujuan untuk memberikan sumber air yang lebih baik untuk kebutuhan tambak ikan yang ada disana dan membantu mengurangi biaya transportasi untuk seluruh kegiatan ekonomi.

Konsekuensi dari keadaan tersebut menyebabkan terjadinya ekonomi biaya tinggi karena :

1. saat hujang datang, semua model transportasi tidak dapat berfungsi karena jalan yang terputus oleh air pasang dan jalur alternatif yaitu pematang antar tambak juga tidak dapat dilewati

2. kegiatan operasional tambak ikan hanya mengandalkan jenis kendaraan berupa motor yang tentunya menyebabkan tingginya biaya tranportasi

3. saat ombak tinggi datang, akan banyak resiko rumah penduduk serta tambak tambak yang hancur akibat terjangan ombak

4. resiko gagal panen sangat tinggi terutama pada musim kemaraw karena air sungai yang sangat dangkal sehingga sulit dijadikan sumber air untuk kebutuhan air di tambak tambak tsb.

 

Jika sarana penghubung antar desa dan di dalam desa Cemara Jaya tersebut diperbaiki, tentu akan sangat membantu meningkatkan kesejahteraan penduduk serta mampu menaikan daya saing serta mengundang investor untuk datang ke desa tsb.

3 responses to “Jalan yang Rusak Akibat Gelombang Pasang Air Laut

  1. Pingback: Philippines Friends Who Have Willingness | Cemara Life Line Foundation

  2. Pingback: Jalan yang Rusak Akibat Gelombang Pasang Air Laut | Cemara Life Line Foundation

  3. Pingback: Jalan yang Rusak Akibat Gelombang Pasang Air Laut | Cemara Life Line Foundation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s